Minggu, 01 November 2015

LUNA TORASHYNGU profil

About Luna Torashyngu

Tentang Kak Luna Torashyngu
Jujur di awal saya mengira bahwa Luna Torashyngu adalah seorang perempuan, tapi ternyata saya salah total karena Luna Torashyngu adalah penulis laki-laki..hehehe..##maap ya kak luna ==’
Jujur ini penulis yang paling aku suka daripada penulis lainnya bukan berarti saya gak suka sama penulis lain ni ^^

                                                                    **ini ni kak Luna
Luna Torashyngu merupakan nama pena, nama asli dari Luna Torashyngu adalah blaa blaa blaa..*Tanya ma kak luna sendiri ya :D


lelaki kelahiran purwokerto tanggal 13 februari memilih nama Luna Torashyngu sebagai nama pena yang Dalam bahasa Spanyol, Luna berarti "bulan". Sedang Torashyngu,walau kayak nama Jepang, tapi kak luna produk lokal loh. kak Luna pilih nama Torashyngu karena dia doyan banget segala hal berbau Jepang, dari mulai masakan Jepang, musik, hingga dorama. Penyanyi favoritku Ayumi Hamasaki, BoA, dan sedikit Laruku.


Dari pernikahannya dengan kak angela,  kak Luna di karuniai seorang putri yang di beri nama luna, jadi penasaran kenapa dengan nama “luna”.


Penyuka hal hal yang berbau jepang ini kadang mendapat inspirasi dari J-Movie dan dorama yang pernah kak luna tonton, tapi tentu aja gak jiplak donk, tetep pake cara nulis kak Luna sendiri donk. Asyeek dah pokoknya.


Buku yang pertama kali terbit berjudul Alpha Veta yang bercerita tentang terancamnya Bumi dari Bintang raksasa yang diketahui telah lama mati tiba-tiba memancarkan energi kembali yang di beri nama Alpha Vetha.


Setelah Alpha veta muncul buku kedua yaitu Trilogi Sweet Angel yang lebih di kenal dengan judul D’Angel. Buku ketiga kak Luna adalah Love Detective bercerita tentang Oyien yang terpaksa jadi detektif cinta untuk menyelidiki cewek idaman lain Abit, tetangga dan sahabat sedari kecil. Saingan berat kalo balap motor yang tak lain adalah Karin sahabat serta teman sebangku oyien,


Masih banyak novel-novel kak luna lainnya yang super duper menarik. Dari pada penasaran ni aku kasih daftar list Novel milik kak Luna
- Alpha Veta
- Sweet Angel / D’angel
- Love Detective
- Victory
- Beauty n the best
- Dua Rembulan
- Angel’s Heart
- Best of the best
- Trilogi Mawar Merah
- Trilogi Lovasket ( mungkin bakal ada lovasket 4 , tunggu aja kabar selanjutnya )
- Golden Bird
- When Author meets editor ( yang ini bukan novel tapi tips2 buat temen2 yang suka banget ma nulis)


Nah setelah list novel2nya kak Luna, ini ni sedikit informasi tentang Novel Kak luna


1. Trilogi SWEET ANGEL tadinya direncanakan hanya 1 buku. Tapi atas permintaan penerbit, dikembangkan jadi 3 seri. bagi aku sih gak papa, malah seneng. Kan makin banyak buku royaltinya makin gede hee..hee..heee... Tadinya mo dipanjang-panjangin lagi ceritanya kayak sinetron kita yang ceritanya gak selesai-selesai itu, tapi gak boleh, maksimal 3 seri aja :-)


2. Walau LOVE DETECTIVE terbit lebih dulu dari VICTORY, tapi sebenarnya VICTORY ditulis lebih dulu. VICTORY ditulis tahun 2003, sedang LOVE DETECTIVE baru akhir 2004, dengan mengambil sebagian elemen cerita VICTORY. Maka itu nggak heran kao banyak kemiripan antara kedua cerita itu, antara lain karakter Oyien dan Oti yang 90% mirip.


3.Cerita asli VICTORY bukanlah teenlit. Pertama ditulis, VICTORY lebih cocok jadi chicklit. Oti dan Raka dikisahkan sebagai anak kuliahan, dan ketemu lagi ama Raka setelah mereka berpisah selama 6 tahun, dan masing-masing udah pada kerja. Tapi atas dasar berbagai pertimbangan, VICTORY dirubah jadi teenlit. Oti dan Raka jadi anak SMA, dan mereka cuman berpisah selama 2 tahun. Mo baca cerita asli VICTORY? contact me...


4. VICTORY sempat ditolak di berbagai penerbit seperti KataKita, DAR Mizan, dan Gagas Media dengan berbagai alasan, sebelum akhirnya diterima GPU. Itu juga setelah dirubah jadi teenlit :-)


5. Walau beda cerita dan setting, sebetulnya ada hubungan antara LOVE DETECTIVE dan VICTORY. Selain karakter Oti dan Oyien yang hampir mirip, tau nggak kalo semua tokoh di kedua novel itu satu sekolah!! Di LOVE DETECTIVE emang diceritakan kalo Oyien, Abit, dan Karin sekolah di SMA 41 yang terletak di komplek militer. Sedang Oti sekolah di SMA Yudhawastu, dan Raka di SMA 14. Sebetulnya itu sekolah yang sama. Jadi lengkapnya mereka semua sekolah di SMA 14 Bandung, Jl. Yudhawastu, yang ada di tengah-tengah komplek militer (my lovely almamater...).


6. Cerita di novel-novelku sebagian besar emang fiktif, berdasarkan imajinasi. Sebagian lagi ada yang berdasarkan kisah nyata, baik dari diriku, temen, atau orang lain yang diceritain ke aku. Ternyata jadi tong sampah ada gunanya juga yaaa...


7. Walau ceritanya fiktif, tapi semua nama tokoh utama dalam novelku bener-bener REAL NAME! aku paling nggak bisa bikin nama yang bagus, apalagi buat tokoh utama, jadi aku ambil aja nama dari temen aku, atau orang-orang-yang aku kenal, tentu aja dengan seijin yang punya nama (thanks to you...) Nama Priska (ALPHA VETA), Kika (Sweet Angel), dan Oyien (LOVE DETECTIVE) adalah nama temen-temen aku, sedang Oti (VICTORY) adalah nama temen SMP aku (where are you?). Bahkan nama aslinya juga VICTORY FEBRIANI, sama dengan nama Oti dalam novel. So, siapa yang mo nitip nama buat novel berikutnya?? Lumayan kan numpang beken.... :-)


8. Dari novel-novelku yang udah terbit, beberapa judulnya diganti dari judul aslinya dengan berbagai pertimbangan. Novel yang mengalami perubahan judul :
Judul Novel
Sweet Angel : ThePigeon
Judul Asli 
Merpati Pasti Kembali 
JN : Love Detective                  JA : Detektif Cinta
JN : Beauty And The Best       JA : Beautiful vs Mind
JN Dua Rembulan                   JA : Rembulan Tetap Bersinar
JN : Angel's Heart                   JA : Nyanyian Bidadari
JN : Beauty And The Best 2   JA : Best of The Best
JN : Mawar Merah                   JA : Mawar Merah : Mosaik


9. D'ANGEL sebetulnya merupakan re-publish (penerbitan kembali) dari SWEET ANGEL yang pernah diterbitkan penerbit cinta. Nggak ada yang berubah dari ceritanya, kecuali tokoh utamanya yang ganti nama, dari Rizka (Kika) menjadi Rafika (Fika).


10. Mawar Merah : Mosaik adalah novel ke-15 dari Luna. Tapi tahukah kamu, bahwa Mawar Merah adalah cerita ke-2 yang dibikin Luna setelah memutuskan menjadi penulis? Naskah pertama yang dibikin Luna tahun 2001 dianggap nggak layak terbit (dan kayaknya nggak bakal diterbitkan sampe kapanpun), sedang Mawar Merah yang ditulis tahun 2002 "dianggap" sebagai salah satu cerita terbaik Luna. Tapi keberuntungan emang belum menyertai Mawar Merah sehingga baru diterbitkan 7 tahun kemudian, itupun dengan berbagai perubahan/revisi dari versi awalnya hingga dianggap layak terbit.


Sekian dulu liputan dari saya tentang Kak Luna klo ada kabar terbaru bakal aku update deh ^^ terima kasih

 

2 komentar:

  1. kak? klk first girl, second heart, thirth party , fouth element dam fifth ecliple itu jadi satu alur cerita??

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum
    Salam Kenal

    Susah juga nyari bio Luna Torashingu yg lengkap.
    Saya pembaca baru novel dia, berawal dari Mawar Merah dan akhirnya merembet ke novel lain yang masih satu alur certia dengan si Rachel ini.
    menurut saya, Luna lebih cocok menulis Scy-Fi, krn membaca novel luna tentang remaja dan sekolah berasa garing dan alur ceritanya mudah ditebak.

    BalasHapus

 
All your need Blogger Template by Ipietoon Blogger Template